cara mengatasi pompa air yang gak bisa menyedot air (pompa air biasa maupun pompa air jet pump)

akhir-akhir ini ada masalah dengan pompa air, saat menghidupkan pompa air listrik langsung anjlog. untuk solusi masalah ini, serahkan saja dengan tukang reparasi pompa air karena saya sudah usaha bongkar pompa airnya tapi tetep aja pompanya masih rusak, maklum ilmunya gak nyampe….. Namun, pembahasan posting kali ini bukan curhat saya tentang pompa air yang rusak tadi, tapi kejadian itu mengingatkan saya, tentang pengalaman saya memperbaiki pompa air biasa dan pompa air jet pump yang tidak bisa menyedot air, agar bermanfaat bagi sahabat pembaca jika mengalami permasalahan yang sama tanpa harus memanggil tukang reparasi pompa air. Tekniknya adalah sebagai berikut:

pertama, ingat kaidah ini:

  • pada dasarnya semua pompa air memerlukan air pemantik, agar pompa dapat menyedot air dari sumur.

Selanjutnya, agar pompa air dapat menyedot air dari sumur, ikuti langkah-langkah berikut berdasarkan jenis pompa airnya:

Untuk pompa air biasa:

  1. Masukkan air kedalam selang pemantik (dapat dilakukan dengan memasukkan air lewat pipa tempat keluarnya air dari pompa) atau masukkan air pada ketup pemantik air yang tersedia sampai benar-benar penuh.
  2. Lalu hidupkan pompa air, tunggu beberapa saat maka air akan mengalir.

Jika pompa tetap tidak menyedot air maka:

  1. Cek kembali air didalam selang pemantik atau ketup pemantik air, jika kurang tambahkan    sampai penuh.
  2. Kemudian tutup selang tempat keluarnya air dari pompa.
  3. hidupkan pompa
  4. Buka perlahan tutup selang tempat keluarnya air, lalu air akan mengalir.

Pompa air jet pump:

Bagian-bagian pompa air jet pump berbeda dengan pompa biasa. Pompa air jet pump biasanya digunakan untuk sumur yang dalam. Selang penyedot air pada pompa air jet pump ada dua yaitu pipa hisap dan pipa tekan. Ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

b8fba-jetpump2line

 

Diantara Salah satu pipa, yaitu pipa hisap atau pipa tekan terdapat tempat untuk mengisi air pemantik. Jika tidak ada selang pemantik tersebut, biasanya pompa sudah menyediakan ketup air pemantik pada mesinnya, sehingga tidak perlu membuat instalasi pipa tertentu untuk memasukkan air pemantik. Oke!, selanjutnya, kita lanjut untuk membuat pompa air jet pump dapat menyedot air dari sumur, berikut caranya:

  1. Masukkan air dalam pipa pemantik (biasanya terdapat pada pipa tekan) sampai penuh.
  2. Jika pompa sudah memiliki ketup air pemantik maka masukkan air pada ketup tersebut sampai penuh.
  3. Tutup pipa tempat keluarnya air dari pompa, kemudian lepas pipa yang menuju ke tandon atau bak agar tidak ada tekanan balik atau agar pompa enteng dalam mengeluarkan air.
  4. Nyalakan pompa
  5. Buka tutup pipa tempat keluar air dari pompa secara perlahan, maka air akan mengalir.
  6. Pasang kembali pipa yang menuju tandon atau bak.

Sekian, semoga bermanfaat….!

edisi ngeProf setelah ngeJokes

edisi kali ini merupakan sisi lain dari diri saya yaitu sisi logika dan pemikiran.

saya menyimpulkan hidup itu harus seimbang antara sisi tesis dan sisi anti tesis. Kegiatan belajar, serius, dan berpikir logis yang selanjutnya saya sebut ngeProf harus seimbang dengan kekonyolan dan kelucuan yang saya sebut sebagai ngeJokesngeProf merupakan tesis dari anti tesis ngeJokes, begitu pula sebaliknya ngeJokes merupakan anti tesis dari tesis berupa ngeProf.

karena edisi ini edisi ngeprof diharapkan menganalisis kalimat-kalimat gagasan saya dengan menggunakan logika dan pemusatan pikiran agar pesan saya dapat terbaca dari  tulisan dalam postingan kali ini.

berikut beberapa kalimat ngeProf dari saya:

edisi ngeProf kali ini disadur dari pemikiran saya mengenai fenomena sosial yang saya lihat dan dijabarkan dengan logika.

ngeProf 1:

Falsafah Jawa, di mata saya, adalah falsafah yang paling ruwet dan tidak masuk akal. Tetapi, saya baru paham, mungkin yang dimaksud dengan “Sugih Tanpa Banda” (Kaya Tanpa Harta) adalah electronic money (e-money) dan “Nglurug Tanpa Bala” (Menyerang Tanpa Bala Tentara) adalah drones (unmanned aerial vehicles).

ngeProf 2:

Diketahui sumber hukum S = { AlQur’an, Hadits, Ijma’, Qiyas}, jabaran J dari hukum S, dengan J = {Fiqh1, Fiqh2, …, FiqhN}, dan problematika ummat P = {Problem1, Problem2, …, ProblemM}, serta variabel posisi (tempat) r, dan variabel waktu t. Maka diperoleh fakta : (1) S (r,t) konstan, artinya S bukan fungsi tempat dan bukan fungsi waktu; berlaku untuk sembarang tempat dan waktu. (2) J (r,t) maupun P(r,t) tidak konstan, mereka adalah fungsi tempat dan waktu (3) Ternyata M > N, artinya banyaknya problematika ummat melebihi banyaknya kitab fikih yang telah ditulis.
**usaha matematika dakwah*

ngeProf 3:

Enak banget industri di Indonesia, dapat insentif kalau mempekerjakan sarjana(yg katanya tdk siap pakai). Ini kan terbalik. Mestinya industri ikut membiayai universitas (laboratorium dsb) agar lulusannya siap mereka gunakan. Bagaimana universitas bisa upgrade lab (yg sd jadul) tanpa dukungan industri?

ngeProf 4:

Mengetahui jawaban tdk identik dengan menyelesaikan persoalan. Kita hrs bisa membedakan antara gejala, sebab, akibat, masalah, dan solusi. Ketika ditanya gejala, tdk boleh menjawab dg sebab. Metodologi penelitian tdk sama dg tata cara menulis. Orang yg hafal tdk identik dg orang berpengetahuan.
identik dengan menyelesaikan persoalan

ngeProf 5:

Inti dari kesolehan ritual adalah tercapainya kesolehan praktis. Ada yang sholeh riutal tetapi tidak sholeh praktis. Ada yang sholeh praktis tetapi tidak sholeh ritual. Tugas kita adalah membuktikan bahwa kesholehan ritual bermuara pada kesholehan praktis.

tunggu edisi selanjutnya, dilain waktu.  ^_^

Cuci (curhat curhat imajinasi) Aa Ido lagi dikepoin fans ceritanya

idup terkadang perlu nyengir, tak harus selamanya tegang bin serius sambil pasang kacamata minus baca buku.

percakapan Aa Ido dengan fans.

fans : Aa ido itu pria apa?

Aa Ido : Pria-yi ningrat keturunan raja

fans: em gitu, Aa ido pengen tau dong pernah punya cewek enggak

Aa Ido: secara teknis dan non teknis masih bergelar single bermartabat.  (alibi gak mau dipanggil jomblo ngenes). tapi perasaan Aa ido yang yang gampang seneng orang, dan hal itu sakitnya tu disini,,,( bergaya akting Drama sesengukan sambil pegang dada)

fans: Aa ido emangnya gak pernah suka orang? padahal Aa Ido cakep cetar menggelora.  ger nya berantakan. IQnya Einsteinable, pribadi seimbang bagai laporan posisi keuangan lo..(suka-suka Admin mo nulis apa)

Aa Ido: Aa ido gak agresif sama perasaan. diam tapi suka, diam tapi mengamati. Aa ido seperti seorang detektif berlagak sherlock holmes

fans: berati Aa ido tau dong siapa orang yang terindikasi hatinya pengen konek sama hati Aa ido?

Aa Ido: tau walau dikit -dikit lah, namanya juga prasangka bisa betul atau salah.

Fans: pernah enggak ketemu orang yang terindikasi dan Aa ido juga merasakan hal yg sama pada dia? kalo dia dan Aa ido sama sama tau kalian saling suka gimana perasaan Aa?

Aa Ido: jadi malu,,,,pernah. kalo  sama-sama tau. (mikir sambil mengucapkan kata em…) gimanya ya cara menggambarkan perasaan Aa?

Aa Ido: mungkin, seperti dua orang yang telah lama gak pernah ketemu lalu ketemu dalam satu moment singkat, lalu kaku berbicara, bicaranya krik-krik, lisan ini melempem gak bisa panjang lebar. tapi Aa sebenarnya ingin lebih jauh bersama dia. nah kira-kira begitulah fans, dari penggambaran dari perasaan Aa.

Fans: kalo orang itu adalah aku, bagaimana harapan kelanjutan kisah ini?

Aa Ido: Aa ingin lebih serius. membangun kisah ini sampai ajal menjemput (sambil akting Drama menggenggam tangan taruh di dada dan menatap langit cerah)

Admin: Cut !!!!

Aa Ido dan Fans: Lo min mau diakhiri?

Admin : Admin tak kuaasa…. melihat kalian bercengrama….Admin tak kuasa….bila kau tak akhiri secepatnya… (berbicara seperti nada  lagu aku tak biasa dengan mimik sedih bahagia)

… karena Aa ido sudah ngomong serius. jadi admin serius kembali. Hip hip hore!!! selesai

Nb: jika ada kelebaiyan mohon dimaklumi saja. karena kelebaiyan adalah hak setiap orang.

the book Intermediate Accounting review ( acquisition and disposition of property, plant, and equipment) IFRS Edition

property , plant, and equipment is defined as tangiable assets that are held for use in production or supply of goods and services, for rentals to others, or for administrative porposes; they are expected to be used during more than one period.

  • ” used in operations” and not for resale
  • long-term in nature and usually depreciated
  • possess physical substance

include : land, building structures (offices, factories, warehouses), and equipment (machinery, furniture, tools).

companies value property, plant, and equipment in subsequent periods using either the

  • cost method or
  • fair value (revaluation) method

COUNTINUE…..hehe

Ahmad Ridho Murdianto?

Ahmad Ridho Murdianto or his official call-name, Ridho/Aridho, is a life learner, caring and thoughtful. his faith, commitment, and natural coriosity all embody who he is, and will always drive his in pursuing his dreams. he love writing and jogging. he keeps some galleries to store anything he would love to write down ( in hardcopy). he is an INFP (introverted, intuitive, Feeling, and perceiving) type of person which is knows as a rare and unique personality according to Jung’s and Myers’. Some of his personal motivational words that he keeps in living a day-by day:
” be with Allah All the way and Allah will be with you along the way”

“i am walking on a road of time, blown by a freezing breezing, here i am searching for a ride of bliss.”
note:
here are just few ways if you would like to connect with his:

Facebook : Aridho Murdianto

Goggle plus : Ahmad Ridho Murdianto Al Acehy